Langsung ke konten utama

Apa itu IATF 16949:2016? - Automotive Quality Management

IATF 16949: 2016 (menggantikan ISO / TS 16949: 2009) adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu (SMM), khusus untuk sektor otomotif. ISO / TS 16949 pada awalnya dibuat pada tahun 1999 untuk menyelaraskan berbagai skema penilaian dan sertifikasi di seluruh dunia dalam rantai pasokan untuk sektor otomotif.



Fokus utama standar IATF 16949 adalah pengembangan Sistem Manajemen Mutu yang memberikan perbaikan terus-menerus, menekankan pencegahan kerusakan dan pengurangan variasi dan limbah dalam rantai pasokan. Standar tersebut, dikombinasikan dengan Persyaratan Khusus Pelanggan (CSR) yang berlaku, menentukan persyaratan SMM untuk bagian produksi, servis dan / atau aksesori otomotif.


IATF 16949: 2016 adalah standar QMS independen yang sepenuhnya selaras dengan struktur dan persyaratan ISO 9001: 2015. Oleh karena itu, IATF 16949 tidak dapat diimplementasikan sendiri sebagai dokumen yang berdiri sendiri, namun harus diimplementasikan sebagai suplemen dan bersamaan dengan ISO 9001: 2015.


Setelah 1 Oktober 2017, audit tidak dapat dilakukan terhadap ISO / TS 16949 dan organisasi harus melakukan transisi ke IATF 16949 yang baru sesuai dengan siklus audit mereka saat ini, sesuai dengan persyaratan waktu yang diijinkan.


Kegagalan untuk melakukan audit dalam persyaratan waktu yang diijinkan mengharuskan organisasi untuk memulai kembali dengan audit sertifikasi awal. Audit transisi adalah durasi audit rekertifikasi ditambah waktu tambahan untuk tinjauan dokumentasi. Semua fungsi pendukung di lokasi atau di lokasi terpencil harus disertakan dalam proses transisi.

Sistem Manajemen Mutu berbasis IATF 16949:

  1. Merupakan metode untuk menentukan bagaimana sebuah organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya
  2. Mempromosikan gagasan perbaikan terus-menerus
  3. Memerlukan organisasi untuk menentukan tujuan dan terus memperbaiki proses mereka untuk mencapainya
  4. Menekankan pencegahan cacat
  5. Mempromosikan pengurangan variasi dan limbah dalam rantai pasokan
  6. Memerlukan kebijakan tanggung jawab perusahaan yang terdokumentasi dan terimplementasi
  7. Termasuk persyaratan khusus dan alat inti dari industri otomotif :
  • Perencanaan Mutu Produk Tingkat Lanjut (APQP)
  • Kegagalan Mode dan Analisis Efek (FMEA)
  • Statistical Process Control (SPC)
  • Analisis Sistem Pengukuran (MSA)
  • Proses Persetujuan Produksi Bagian (PPAP)


Apa itu IATF 16949?

Standar IATF 16949 memberikan panduan dan alat bagi perusahaan dan organisasi yang ingin memastikan bahwa produk mereka secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan dan bahwa kualitas dan kepuasan pelanggan meningkat secara konsisten. Persyaratan sertifikasi untuk IATF 16949 didefinisikan dalam peraturan 2016 Revisi 5 untuk mencapai dan mempertahankan pengakuan IATF.

Standar IATF 16949 adalah standar tambahan dan digunakan bersamaan dengan standar ISO:

  1. IATF 16949 - menetapkan persyaratan tambahan Automotive dari sistem manajemen mutu
  2. ISO 9001 - mendefinisikan persyaratan dasar sistem manajemen mutu
  3. ISO 9000 - mencakup konsep dasar dan bahasa
  4. ISO 9004 - berfokus pada bagaimana membuat sistem manajemen mutu lebih efisien dan efektif
  5. ISO 19011 - memberikan panduan audit internal (pihak ke 1) dan eksternal (pihak kedua) mengenai sistem manajemen mutu
  6. ISO 31000 - menguraikan prinsip dan pedoman manajemen risiko

IATF 16949 mendefinisikan kriteria untuk QMS berbasis otomotif dengan tujuan untuk menjadi pihak ketiga yang terdaftar. Ini bisa digunakan oleh pemasok manapun, besar atau kecil, dan harus diterapkan di seluruh rantai pasokan otomotif. Sebenarnya, ada lebih dari 65.000 pemasok di seluruh dunia yang saat ini mendapatkan sertifikasi ISO / TS 16949.


Semua persyaratan IATF 16949 berlaku kecuali pemasok tidak menyediakan fungsi desain produk. Persyaratan bersifat generik dan dimaksudkan untuk diterapkan pada pemasok yang menyediakan desain dan pengembangan, produksi dan, bila relevan, perakitan, pemasangan dan layanan produk terkait otomotif, termasuk produk dengan perangkat lunak tertanam.


Standar IATF 16949 berlaku untuk tempat-tempat organisasi tempat pembuatan komponen produksi yang ditentukan pelanggan, bagian servis, dan / atau bagian aksesori terjadi.


Standar ini didasarkan pada tujuh Prinsip Manajemen Mutu, termasuk fokus pelanggan yang kuat, motivasi dan implikasi manajemen puncak, pendekatan proses dan perbaikan berkelanjutan.
Prinsip Manajemen Mutu ini didefinisikan sebagai berikut:
  1. Fokus pelanggan
  2. Kepemimpinan
  3. Keterlibatan orang
  4. Pendekatan proses
  5. Perbaikan
  6. Pengambilan keputusan berbasis bukti
  7. Manajemen hubungan
  8. Prinsip Manajemen Mutu QMS
  9. Prinsip Manajemen Mutu

 

Mengapa Melaksanakan IATF 16949?


Penerapan IATF 16949 memastikan bahwa pelanggan menerima produk dan layanan yang konsisten dan berkualitas, yang pada gilirannya dapat membawa banyak manfaat bisnis. IATF 16949 menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu ketika sebuah organisasi ingin:
  1. Menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan produk yang memenuhi persyaratan peraturan perundang-undangan, peraturan, dan keamanan produk yang sesuai
  2. Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif
  3. Melaksanakan proses untuk perbaikan sistem
  4. Tentukan keseluruhan konteks, siapa yang terpengaruh dan apa yang mereka harapkan
  5. Jelas negara tujuan dan mengidentifikasi peluang bisnis baru
  6. Letakkan pelanggan terlebih dahulu, pastikan kebutuhan mereka secara konsisten dipenuhi dan tingkatkan kepuasan mereka
  7. Memiliki pelanggan berulang, meningkatkan loyalitas pelanggan, menambah klien baru dan meningkatkan bisnis
  8. Perluas ke pasar baru, karena beberapa sektor dan klien memerlukan IATF 16949 sebelum melakukan bisnis
  9. Identifikasi dan atasi risiko yang terkait dengan organisasi Anda
  10. Bekerja dengan cara yang lebih efisien untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, membawa biaya internal turun
  11. Menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial melalui dokumentasi dan implementasi kebijakan tanggung jawab perusahaan

Kapan Melaksanakan IATF 16949?

Kepatuhan terhadap standar IATF 16949 dapat dilakukan kapan saja namun biasanya digunakan bila:

  • Pelanggan menentukan persyaratan ini sebagai bagian dari kontrak
  • Organisasi ingin meningkatkan produk dan kepuasan pelanggan

Bagaimana Melaksanakan IATF 16949?

Organisasi yang memutuskan untuk mengembangkan dan menerapkan QMS baru atau yang diperbaiki adalah keputusan strategis. Semua upaya harus difokuskan pada identifikasi dan minimisasi risiko sambil memenuhi dan melampaui tujuan pelanggan dan organisasi serta persyaratan obyektif.
Organisasi harus membuat komitmen untuk:
  1. Kenali pelanggan langsung dan tidak langsung sebagai orang yang mendapat nilai dari organisasi
  2. Pahami kebutuhan dan harapan pelanggan saat ini dan masa depan
  3. Hubungkan tujuan organisasi dengan kebutuhan dan harapan pelanggan
  4. Komunikasikan kebutuhan dan harapan pelanggan di seluruh organisasi
  5. Merencanakan, merancang, mengembangkan, memproduksi, memberikan dan mendukung produk untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan
  6. Ukur dan pantau kepuasan pelanggan dan lakukan tindakan yang tepat
  7. Menentukan dan mengambil tindakan terhadap kebutuhan dan harapan pihak yang berkepentingan yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan
  8. Aktif mengelola hubungan dengan pelanggan untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan
  9. Menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial
  10. Berikan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan persyaratan keamanan produk terpenuhi

Kesesuaian IATF 16949 dapat dicapai melalui Pendekatan Seven-Tujuh Mutu:

  1. Tinjauan / Perencanaan Eksekutif dan Manajemen
  2. Penilaian dan Perencanaan Gap
  3. Dokumentasi
  4. Implementasi dan Pelatihan
  5. Penilaian Internal dan Tinjauan Manajemen
  6. Penilaian Pendaftaran Pihak Ketiga
  7. Perbaikan Sustain dan Continual
  8. Pendekatan QMS 7 Phase
  9. Pendekatan QMS 7 Phase


Pelajari Lebih Lanjut Tentang IATF 16949


Bintang Solusi Utama menawarkan Pengembangan Sistem Manajemen Mutu melalui Konsultasi, Pelatihan dan Dukungan Proyek. Bintang Solution Utama memberikan Knowledge, Guidance and Direction dalam kegiatan pengembangan Sistem Manajemen Mutu, disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan dan keinginan unik Anda. Mari kita bantu Anda Temukan Nilai dari IATF 16949 Consulting, IATF 16949 Training atau IATF 16949 Project Support.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu ISO 9001:2015? - Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (QMS). Organisasi menggunakan standar untuk menunjukkan kemampuan untuk secara konsisten menyediakan produk dan layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan. Ini adalah standar yang paling populer di seri ISO 9000 dan satu-satunya standar dalam rangkaian yang dapat diratifikasi oleh organisasi.


ISO 9001 pertama kali diterbitkan pada tahun 1987 oleh International Organization for Standardization (ISO), sebuah lembaga internasional yang terdiri dari badan standar nasional yang beranggotakan lebih dari 160 negara. Versi ISO 9001 saat ini dirilis pada bulan September 2015.
Siapa yang harus menggunakan revisi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015?
ISO 9001: 2015 berlaku untuk organisasi manapun, terlepas dari ukuran atau industri apa pun. Lebih dari satu juta organisasi dari lebih 160 negara telah menerapkan persyaratan standar ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu mereka.
Organisasi da…

Apa itu ISO 37001:2016? - Sistem Manajemen Anti-Suap

Apa yang dimaksud dengan ISO 37001? ISO 37001 adalah standar internasional baru yang dirancang untuk membantu organisasi-organisasi yang menerapkan anti-suap manajemen sistem (ABM). Ini menetapkan serangkaian langkah-langkah organisasi dapat menerapkan untuk membantu mencegah, mendeteksi dan alamat penyuapan.

Dirancang untuk diintegrasikan ke dalam organisasi Anda yang ada proses manajemen dan kontrol, ISO 37001 juga mengikuti struktur ISO umum untuk standar sistem manajemen, untuk integrasi yang mudah dengan ISO 9001 misalnya.

Persyaratan yang ditentukan oleh ISO 37001 alamat dua bidang utama:
Penyuapan oleh organisasi, personil atau bisnis associates untuk keuntungan sendiriSuap dari organisasi, personil atau bisnis associates sediakan ISO 37001 standar memberikan persyaratan untuk membangun, implementasi, mempertahankan, meninjau dan meningkatkan sistem manajemen anti-suap. Standar ini dirancang untuk semua jenis organisasi sektor setiap dan semua jenis penyuapan yang mu…