Langsung ke konten utama

Keuntungan ISO 9001 Tentang Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001 Manajemen Mutu, ISO Sistem Manajemen Mutu, ISO Tentang Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001 Tahun 2008 Tentang Sistem Manajemen Mutu



ISO 9001:2015 adalah standar yang ditetapkan persyaratan untuk kualitas sistem manajemen.Ini membantu bisnis dan organisasi agar lebih efisien dan membaik kepuasan pelanggan.

Pernahkah Anda mencoba meyakinkan manajemen senior bahwa menerapkan ide bagus sepadan dengan harganya? Jika Anda dapat menunjukkan bahwa pengeluaran $ 100 akan menghemat $ 1000, mudah untuk menjual; Namun, untuk sebuah ide seperti menerapkan sistem manajemen mutu (QMS) berdasarkan persyaratan ISO 9001, perbandingannya tidak semudah itu. Sulit untuk menentukan jumlah dolar tertentu untuk laba atas investasi Anda, jadi Anda perlu memahami dan fokus pada manfaat penerapan sistem. Kemudian Anda bisa mulai mengidentifikasi perusahaan Anda di mana Anda bisa mendapatkan perbaikan dan nilai apa yang akan mereka dapatkan.


Sertifikasi ISO 9001 akan memberi manfaat maksimal bagi organisasi Anda jika mendekati penerapan ISO 9001 secara praktis. Ini akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk memperbaiki bisnis dan bukan hanya serangkaian prosedur yang akan sulit ditangani oleh karyawan Anda.

Dengan menerapkan pendekatan yang mulai menerapkan praktik kerja yang lebih efisien dan berfokus pada tujuan bisnis organisasi, Anda akan mencapai sistem yang akan membantu dan mendukung staf Anda, dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan Anda.

Apakah Anda menggunakan penilai eksternal atau mengalokasikan sumber daya internal untuk melakukan penilaian awal, Anda perlu memastikan bahwa mereka telah membeli dari manajemen senior, sehingga semua area organisasi mengetahui pentingnya Sertifikasi ISO 9001 proses.

Sertifikasi ISO 9001 tidak hanya cocok untuk organisasi besar tetapi juga usaha kecil yang akan mendapatkan keuntungan dari penerapan Sistem Manajemen Mutu yang efisien yang akan menghemat waktu dan biaya, meningkatkan efisiensi dan pada akhirnya memperbaiki hubungan dengan pelanggan.


Mengapa ISO 9001:2015 merupakan ide bagus untuk organisasi Anda?


Manfaat ISO 9001 tidak dilebih-lebihkan; perusahaan besar dan kecil telah mendapatkan manfaat besar dari penggunaan standar ini dengan menemukan penghematan biaya dan efisiensi. Berikut adalah penjelasan enam manfaat utama dan mengapa mereka penting:


1. Peningkatan kredibilitas dan citra Anda - Karena ISO 9001 adalah standar yang diakui secara internasional, namun telah menjadi dasar untuk menciptakan sistem manajemen mutu di seluruh dunia, menggantikan beberapa persyaratan yang telah dipublikasikan sebelumnya. Ketika sebuah perusahaan mencari pemasok, seringkali persyaratan untuk memiliki QMS berdasarkan ISO 9001 untuk dipertimbangkan. Hal ini terutama terjadi jika Anda bersaing untuk pekerjaan di sektor publik di banyak negara. Mencapai sertifikasi ISO 9001 bisa menjadi alat pemasaran yang hebat.


2. Peningkatan kepuasan pelanggan - Salah satu prinsip manajemen mutu yang menjadi dasar persyaratan ISO 9001 adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan merencanakan dan mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, Anda akan mempertahankan lebih banyak pelanggan berulang karena pelanggan yang bahagia dan puas adalah kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan. Dan pelanggan tersebut menghasilkan tambahan pendapatan.


3. Integrasi proses yang lebih baik - Dengan melihat keseluruhan proses interaksi melalui pendekatan proses ISO 9001, Anda akan dapat lebih mudah menemukan peningkatan efisiensi dan penghematan biaya. Hal ini dilakukan dengan menghilangkan limbah yang bisa terjadi bila proses dipertahankan tanpa melihat adanya inefisiensi yang dapat timbul selama proses handoff. Alur proses yang lebih baik juga dapat digunakan untuk mendorong efisiensi terhadap kesalahan yang lebih sedikit dan menghasilkan rework, yang dapat meningkatkan penghematan biaya.


4. Perbaiki bukti Anda untuk pengambilan keputusan - Prinsip manajemen kualitas kedua ISO 9001 adalah kebutuhan untuk menggunakan pengambilan keputusan berbasis bukti. Dengan mengemudikan keputusan berdasarkan bukti, bukan pada "firasat," Anda dapat lebih fokus untuk menerapkan sumber daya ke area yang akan meningkatkan efisiensi dan meningkatkan penghematan biaya dengan lebih sedikit trial and error untuk menemukan keputusan yang tepat. Selain itu, dengan memantau proses yang Anda tingkatkan, Anda akan dapat melihat seberapa banyak peningkatan yang terjadi berdasarkan data.


5. Menciptakan budaya perbaikan berkelanjutan - Perbaikan terus-menerus adalah prinsip manajemen mutu ketiga ISO 9001. Dengan mengadopsi budaya ini untuk memperbaiki proses dan keluaran organisasi Anda, Anda akan menemukan efisiensi dan penghematan biaya, termasuk penggunaan proses sistematis saat masalah terjadi agar mengurangi dampak dari masalah dan meningkatkan kecepatan pemulihan. Dengan terus berkembang, meningkat dari tahun ke tahun, perusahaan dapat melihat manfaat berkelanjutan dari hal ini.


6. Keterlibatan karyawan - Karyawan yang terlibat dalam perbaikan proses yang mereka tangani adalah karyawan yang lebih bahagia dan lebih terlibat. Siapa yang lebih baik daripada orang-orang yang mengerjakan proses untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki sebaik mungkin, dan untuk membantu menguji dan memajukan perbaikan ini saat diterapkan? Karyawan yang terlibat lebih produktif dan akan membantu perusahaan memperbaiki dan menghemat lebih baik, terutama bila mereka memahami bagaimana kualitas proses bergantung pada mereka.


Mengapa ISO 9001:2015 sebagai titik tolak anda?


Sifat internasional ISO 9001 telah diidentifikasi; dan, faktanya, ISO 9001 adalah standar dasar dan berpengaruh yang digunakan sebagai basis ketika kelompok industri ingin menambahkan persyaratan industri tertentu, sehingga menciptakan standar industri mereka sendiri. Ini termasuk AS9100 untuk industri kedirgantaraan, ISO 13485 untuk industri perangkat medis dan ISO / TS 16949 untuk industri otomotif.


ISO 9001 juga merupakan dasar yang baik untuk menerapkan banyak standar manajemen lainnya, seperti ISO 14001 untuk pengelolaan lingkungan dan ISO 20000 untuk manajemen layanan TI, yang mengikuti banyak struktur dan organisasi yang sama. ISO 9001 adalah awal dari hal-hal baik untuk usaha perusahaan Anda untuk mendapatkan kontrol dan peningkatan proses yang lebih baik. Dengan menerapkan keuntungan yang tersedia melalui sistem manajemen mutu ISO 9001, Anda dapat membangun penghematan dan peningkatan yang lebih tinggi lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu ISO 9001:2015? - Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (QMS). Organisasi menggunakan standar untuk menunjukkan kemampuan untuk secara konsisten menyediakan produk dan layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan. Ini adalah standar yang paling populer di seri ISO 9000 dan satu-satunya standar dalam rangkaian yang dapat diratifikasi oleh organisasi.


ISO 9001 pertama kali diterbitkan pada tahun 1987 oleh International Organization for Standardization (ISO), sebuah lembaga internasional yang terdiri dari badan standar nasional yang beranggotakan lebih dari 160 negara. Versi ISO 9001 saat ini dirilis pada bulan September 2015.
Siapa yang harus menggunakan revisi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015?
ISO 9001: 2015 berlaku untuk organisasi manapun, terlepas dari ukuran atau industri apa pun. Lebih dari satu juta organisasi dari lebih 160 negara telah menerapkan persyaratan standar ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu mereka.
Organisasi da…

Apa itu IATF 16949:2016? - Automotive Quality Management

IATF 16949: 2016 (menggantikan ISO / TS 16949: 2009) adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu (SMM), khusus untuk sektor otomotif. ISO / TS 16949 pada awalnya dibuat pada tahun 1999 untuk menyelaraskan berbagai skema penilaian dan sertifikasi di seluruh dunia dalam rantai pasokan untuk sektor otomotif.



Fokus utama standar IATF 16949 adalah pengembangan Sistem Manajemen Mutu yang memberikan perbaikan terus-menerus, menekankan pencegahan kerusakan dan pengurangan variasi dan limbah dalam rantai pasokan. Standar tersebut, dikombinasikan dengan Persyaratan Khusus Pelanggan (CSR) yang berlaku, menentukan persyaratan SMM untuk bagian produksi, servis dan / atau aksesori otomotif.


IATF 16949: 2016 adalah standar QMS independen yang sepenuhnya selaras dengan struktur dan persyaratan ISO 9001: 2015. Oleh karena itu, IATF 16949 tidak dapat diimplementasikan sendiri sebagai dokumen yang berdiri sendiri, namun harus diimplementasikan sebagai suplemen da…

Apa itu ISO 37001:2016? - Sistem Manajemen Anti-Suap

Apa yang dimaksud dengan ISO 37001? ISO 37001 adalah standar internasional baru yang dirancang untuk membantu organisasi-organisasi yang menerapkan anti-suap manajemen sistem (ABM). Ini menetapkan serangkaian langkah-langkah organisasi dapat menerapkan untuk membantu mencegah, mendeteksi dan alamat penyuapan.

Dirancang untuk diintegrasikan ke dalam organisasi Anda yang ada proses manajemen dan kontrol, ISO 37001 juga mengikuti struktur ISO umum untuk standar sistem manajemen, untuk integrasi yang mudah dengan ISO 9001 misalnya.

Persyaratan yang ditentukan oleh ISO 37001 alamat dua bidang utama:
Penyuapan oleh organisasi, personil atau bisnis associates untuk keuntungan sendiriSuap dari organisasi, personil atau bisnis associates sediakan ISO 37001 standar memberikan persyaratan untuk membangun, implementasi, mempertahankan, meninjau dan meningkatkan sistem manajemen anti-suap. Standar ini dirancang untuk semua jenis organisasi sektor setiap dan semua jenis penyuapan yang mu…